Selasa, 20 Maret 2012

BK Belajar


Tips Persiapan Untuk Mengikuti Pelajaran
  • Menyiapkan Fisik

Persiapan fisik adalah persiapan yang berhubungan dengan kesegaran tubuh. Dengan persiapan fisik yang baik kita, siswa dapat menghadiri sekolah dengan enak tak terganggu, mendengarkan pelajaran dengan tekun–aktif, membuat catatan dengan dengan giat, dan menyumbangkan pemikiran dan gagasan yang berkaitan dengan materi yang diolah dalam pelajaran dengan gairah. Untuk persiapan fisik itu, kita menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga teratur dan memelihara kesehatan badan agar tidak terkena penyakit tampa perlu. siswa perlu memperhatikan makanan secukupnya sebelum ke sekolah agar tidak kelaparan selama pelajaran. Kita mengatur waktu pergi dan bangun tidur sehingga badan segar dan tidak mengantuk pada waktu menghadiri pelajaran.
  • Menyelesaikan Tugas atau PR

PR adalah tugas sehubungan dengan pelajaran tertentu untuk dikerjakan diluar waktu sekolah atau kegiatan formal yang berkaitan dengan pelajaran tersebut.
PR biasanya dinilai dan diperhitungkan dengan nilai akhir pelajaran. PR merupakan latihan dan kerja untuk memperdalam bahan pelajaran, mempraktekan, menetapkan hukum, rumus, dll, yang sudah dijelaskan di ruang kelas.
Untuk dapat mengerjakan PR dengan baik
  1. Kita harus tahu soalnya dan apa yang harus kita kerjakan. maka bila belum jelas, kita harus bertanya apa soalnya dan apa yang harus dibuat dengan soal itu.
  2. Kita harus tahu kapan PR itu harus selesai dikerjakan dan kapan PR itu harus diserahkan.
  3. Kita harus memiliki peralatan kerja yang dibutuhkan atau diperlukan. 
  4. Kita harus mengerjakan sesuai dengan perintah dan menyerakan PR pada waktunya.
  • Mempelajari catatan yang lengkap dan jika tidak lengkap segara melengkapai dengan meminjam catatan teman atau catatat dari buku sumber .

  • Membaca Bahan Pelajaran
  1. Tetapkan tujuan membaca. Tujuan membaca bahan pelajaran adalah untuk menguasai isi bahan pelajaran secara keseluruhan dan bulat, baik pada masing–masing bagian maupun buku secara keseluruhan. Dengan demikian kita dapat mengingat hal-hal penting yang termuat dalam buku. untuk itu kita harus membaca bahan pelajaran secara insetif. 
  2. Membaca materi sebelum dan yang akan dibahas.
  3.  Membaca dari sumber lain dan membandingkannya.
  4.  Konsentrasi 
  5. Menandai poin penting dengan stabilo atau pulpen berwarna, manfaatnya:
a. Memberi tanda tetap dan berarti bagi kita pada bagian teks penting yang sudah kita pelajari.
b. Menunjukkan tempat atau bagian teks yang perlu dibaca dan dipelajari dengan sungguh-sungguh, terutama pada waktu menghadapi ujian menunjukkan masalah fakta, gagasan penting untuk diperhatikan, diingat dan dipahami.
c. Membedakan fakta dan pendapat, data dan penafsiran, yang pokok dan lengkap atau samping dalam kertas atau buku bacaan.
d. Menyediakan bahan untuk membuat kerangka atas bab dalam buku
e. Menunjukkan kalimat atau serangkian kalimat untuk dikutip, bila diperlukan, misalnya untuk menyusun karya tulis.
f. Menunjukkan nama, kata atau istilah khusus data atau angka yang penting untuk dikuasai dalam mata pelajaran
g. Ulangi dengan kata-kata sendiri
h. Pahami dengan mengunakan pengertian sendiri
i. Membuat ringkasan dalam note.
  • Membentuk pertanyaan seputar bahan / materi pelajaran yang telah dibaca
  • Mempersiapkan perlengkapan dan peralatan sekolah
Persiapan perlengkapan menyangkut persiapan, seperti pakaian yang hendak kita dipakai, sepatu, jam dan lain–lain yang hendak kiat kenakan. Maka malam hari sebelum hari sekolah (bila sekolah pagi) atau pagi hari (bila sekolah siang atau sore) kita mempersiapkan peralatan sekolah misalkan pakian yang akan di kenakan sewaktu disekolah. pakian tidak perlu mahal–mahal, tetapi pantas, bersih dan tidak kekurangan satu apapun, seperti misalnya sobek, kancing lepas, sepatu kita bersihkan atau bila perlu. Jam kita cek ketepatannya.
Pada malam atau pagi hari sesuai dengan waktu sekolah, kita mempersiapkan peralatan. Peralatan itu meliputi alat transportasi dan peralatan sekolah. Jika kita memiliki kendaraan sendiri dan tidak mengendarai kendaraan umum, kita liat apakah misalnya, ban sudah diisi cukup angin, bensin tidak kekurangan, dan aki tidak mati karena kehabisan air. Bila naik kendaraan umum disiapkan uang transportasi. peralatan sekolah yang dibutuhkan untuk pembelajaran antara lain alat–alat tulis: pensil, karet penghapus, pulpen, beserta persediaan isinya, stabilo, kertas-kertas catatan.
Dengan kesiapan perlengkapan yang memadai, bila tak ada hambatan dan halangan diluar kendali kita, kita berpenampilan pantas dan lancar sampai di sekolah. Dengan kesiapan peralatan sekolah kita dapat mengikuti pelajaran dengan tenang dan mencatatat dengan enak karena peralatan yang tersedia dan berfungsi baik.
  • Persiapan Bahan / Materi Pelajaran
Persiapan bahan/materi pelajaran merupakan pelatan yang berkaitan langsung dengan isi diklat, buku teks wajib, dan bacaan tambahan yang digunakan dalam pembelajaran. Bila pembelajaran sudah berjalan, persiapan isi materi pembelajaran berati melihat kembali isi materi pembelajaran yang sudah diterima dalam pembelajaran sebelumnya, dan membaca meteri pembelajaran yang akan diberikan pada saat pembelajaran yang akan dihadiri, entah dari buku paket, cetak, buku teks wajib, dan buku–buku lain yang dibawah kedalam pembelajaran perlu disiapkan agar tidak kelupaan dibawa. Bahaya kelupaaan membawa buku cetak/paket buku–buku itu lebih besar, bila dalam setiap pembelajaran kita mengikuti 2-3 pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar